Sunday, November 23, 2008

PENENTUAN POSISI HANDPHONE DENGAN TEKNOLOGI ASSISTED GPS (A-GPS)


Global Positioning System(GPS) menyediakan informasi posisi dan waktu secara terus menerus di berbagai tempat di bumi. Karena GPS dapat diakses oleh sejumlah user yang tidak terbatas, maka GPS adalah sebuah sistem yang pasif. Oleh karena itu, user hanya dapat menerima sinyal satelit dengan bantuan GPS receiver.
Dulu, GPS receiver adalah sebuah alat tersendiri. Sekarang, GPS sudah terintegrasi dengan handphone. Masalah yang dihadapi jika GPS digunakan untuk aplikasi dalam handphone adalah banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk penentuan posisi. Sedangkan Assisted GPS (A-GPS) mendapatkan bantuan dari base station dalam penentuan posisi. Sehingga receiver GPS dapat memproses lebih cepat, akurat, dan efisien.
Namun, fungsionalitas A-GPS pada handphone belum dioptimalkan baik oleh vendor maupun pengguna handphone. Dalam tugas akhir ini akan dibuat suatu aplikasi yang memungkinkan user bisa mengetahui posisi handphone-nya. User juga bisa mengetahui posisi handphone user lain dengan mengirimkan pesan singkat atau sms. User yang ingin diketahui posisi handphone-nya harus melakukan registrasi terlebih dahulu.
Sistem A-GPS ini tidak layak diimplementasikan di Indonesia (khususnya Bandung dan Jakarta, tempat pengujian sistem). Sistem ini tidak menghasilkan TTFF yang pendek. TTFF yang dihasilkan adalah antara 10 menit-1 jam. Motorola E1000 juga harus LOS dengan satelit. Buruknya performansi A-GPS disebabkan oleh tidak adanya assistance dari network operator. Pendapat penulis juga diperkuat dengan pernyataan pihak motorola yang mengatakan bahwa servis A-GPS yang ada dalam Motorola E1000 belum bisa diterapkan di Indonesia, karena network operator Indonesia belum mendukung.
FindMe dan sistem penentuan posisi handphone dalam tugas akhir ini tidak bermasalah jika nantinya network operator sudah mendukung. Untuk pengembangan lebih lanjut, banyak aplikasi yang bisa diciptakan dengan Assisted GPS.

1 comment:

Banny said...

kalo di hape kita ada GPS nya juga ga sih yaz? hehe